Uncategorised

Perbedaan Produktivitas dan Performance

source : image

Sebagai seorang karyawan ketika rapat evaluasi hasil kerja tahunan atau kuartal pasti tidak asing dengan kalimat ini

“Produktivitas penjualan kita meningkat” atau“Performance tim semakin baik”

Produktivitas dan performance dua istilah yang sering digunakan ketika menjelaskan pencapaian pekerjaan yang telah dilakukan. Tapi apakah kamu tahu perbedaan keduanya?

Mari kita lihat perbedaanya, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) :

produktivitas/pro·duk·ti·vi·tas/n kemampuan untuk menghasilkan sesuatu; daya produksi;

Performance (kinerja), kinerja/ki·ner·ja/n1 sesuatu yang dicapai; 2 prestasi yang diperlihatkan; 3 kemampuan kerja (tentang peralatan);

Terlihat dari terjemahan KBBI, bahwa produktivitas lebih fokus pada cara mengukur output (hasil) sedangkan performance (kinerja) fokus pada mengukur seberapa baik seseorang, mesin, dll. dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas dalam mencapai goal tertentu

Jadi, ketika kita mendengar

“produktivitas kerajinan yang dilakukan pengrajin meningkat”, berarti ada jumlah hasil pekerjaan yang meningkat dari sebelumnya dan produktivitas diukur dengan membandingkan jumlah output yang dihasilkan dengan input yang digunakan dalam produksi. dengan rumus berikut :

Produktivitas = Output / Input

Input : usaha yang dibutuhkan untuk menghasilkan sesuatu.

Output : jumlah output yang dihasilkan

Contoh :

Produktivitas = Output / Input
2 kerajinan/hari = 14 kerajinan / 2 pengrajin
Jadi, produktivitas pengrajin mampu menghasilkan 2 kerajinan per hari. biasanya rumus ini dipakai untuk organisasi yang memproduksi barang. kalo software dapat diukur dengan throughput (time work deliver) atau ada beberapa metriks lainnya (next-nya kita bahas yaa)

atau ketika mendengar,

“performance tim semakin baik”. berarti kemampuan tim dalam menyelesaikan suatu tugas untuk mencapai suatu goal semakin baik. yang diukur dalam performance biasanya berbasis aktivitas, kuantitatif atau kualitatif. Contohnya di sebuah perusahaan mengukur performance karyawan menggunakan KPI, objective atau goal.

Yang perlu diperhatikan terkait produktivitas dan performance

  • Secara rumus, jika ingin produktivitas meningkat maka dibutuhkan lebih banyak input, tapi ternyata itu tidak termasuk dalam kategori produktif walaupun ouput yang dihasilkan besar.
  • Produktivitas adalah mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sedikit waktu dan usaha. bagaimana bekerja lebih cerdas dibanding bekerja lebih keras.
  • Semakin produktif seseorang biasanya ada yang dikorbankan yaitu performance-nya.
  • Seorang karyawan yang fokus pada performance biasanya mengabaikan produktivitas tetapi yang dihasilkan sesuai standar yang diharapkan.

Referensi :
https://gulfnews.com/business/analysis/never-get-confused-between-performance-and-productivity-1.2206168

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close